KEDAINEWS.COM – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka.

Acara yang dimulai tepat pukul 10.00WIB berlangsung dengan hikmat dan berjalan lancar. Jokowi tampak memberikan tepuk tangan kepada anggota paskibraka yang sukses menjalankan tugas mengibarkan bendera merah putih.

Selain pimpinan negara, seluruh menteri dan sejumlah undanganpun memakai pakaian adat dari sejumlah daerah di nusantara.

Usai pengibaran bendera, juga tamu undangan dihibur dengan panduan suara dari putra putri 33 propinsi di Indonesia dengan konduktur Eunice Tong yang sudah berbakat dibidang musik mengikuti jejak ayahnya Stephen Tong.

Berlanjut dengan atraksi demo udara berupa fly pass dari tim aerobatic jet tempur F16 dah helikopter dari angkatan udara dengan iringan beberapa lagu nasional dan daerah.

Keheningan terasa saat Putri Ariani membawakan lagu Melati Suci ciptaan Guruh Soekarnoputra sambil memainkan grand piano persis dihadapan Presiden dan tamu undangan.

Suara semifinalis American Got Talent ini juga membuat hampir seluruh tamu undangan ikut turun berjoget ketika Putri menyanyikan lagu kedua berjudul Rungkad.

Sementara itu dalam pengibaran bendera merah putih, snggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Papua Pegunungan Lilly Indriani Suparman Wenda terpilih sebagai pembawa bendera pusaka Merah Putih untuk upacara di Istana Merdeka.

Lilly didampingi 75 anggota Paskibraka lain dalam Tim Indonesia Maju yang akan bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bintang Wirasatya RA daro Sumatera Selatan menjadi Komandan Kelompok 8, sementara Nathaniel Shawn Edgar Sondakh dari Sulawesi Utara menjadi pembentang bendera dan Alfin Alfarisi dari Sumatera Barat bertugas sebagai pengerek bendera.

Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hari ini adalah Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan yang merupakan Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Sementara itu, Komandan Kompi Paskibraka dijabat Kapten Mar Ganteng Prakoso. Dia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Perwira Upacara hari ini adalah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Dia berstatus sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Previous post Pelaku Industri Perbankan Beri Sinyal Positif Transaksi SiKA
Next post QRIS Sekarang Bisa Buat Tarik Tunai Hingga Transfer