18 May 2024

Sakit Perut Tiba-tiba? Ini Dia 4 Penyebab yang Perlu Anda Waspadai

KEDAINEWS.COM – Banyak orang yang sering mengeluhkan sakit perut seperti kram, kembung, susah buang angin dan kram. Untuk sakit perut yang tidak kunjung pulih, Anda harus memperhatikan dari mana tepatnya rasa sakit datang, dan apakah Anda memiliki gejala lain yang berhubungan dengan rasa sakit. Berikut adalah beberapa penyebab umum sakit perut.

1. Diare

Sakit perut juga bisa disebabkan oleh diare parah yang mana kondisi tinja berair dan encer. Diare berarti buang air besar setidaknya tiga kali atau lebih dalam sehari. Diare akut adalah masalah umum yang biasanya berlangsung 1 atau 2 hari dan akan pulih dengan sendiri. Beri tahu dokter Anda jika diare berlangsung lebih dari 2 hari. Kondisi ini mungkin merupakan tanda dari infeksi perut atau kondisi serius lainnya. Diare bisa menyebabkan dehidrasi dan hilangnya elektrolit penting dalam tubuh. Minum banyak air dengan elektrolit untuk menghindari dehidrasi.

2. Gastroenteritis atau Flu Perut

Gastroenteritis, juga dikenal sebagai flu perut, adalah kondisi yang sangat umum yang menyebabkan diare dan muntah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Beberapa tanda dan gejala lain mungkin termasuk demam, mual, dan sakit kepala. Jika Anda memiliki tanda-tanda ini, Anda harus memberitahu dokter Anda. Anda mungkin perlu perhatian medis untuk mengobati infeksi dan mungkin dehidrasi.

3. Gangguan pencernaan

Nyeri dari gangguan pencernaan sering disebabkan oleh makanan tertentu. Rasa sakit ini biasanya dirasakan sebagai ketidaknyamanan di bagian atas perut Anda. Gangguan pencernaan biasanya disebabkan oleh makanan tinggi lemak dan makan makanan dalam porsi besar. Ketika perut Anda tidak bisa menahan dan mencerna makanan Anda, kadang-kadang akan meluap dan menyebabkan ketidaknyamanan. Anda mungkin sering bersendawa dan memiliki rasa asam di mulut Anda. Rasa sakit bisa berlangsung selama beberapa jam dan stres dapat membuatnya jadi makin buruk.

4. Sembelit

Jika Anda menderita sembelit, Anda pasti sudah akrab dengan sakit perut. Sembelit didefinisikan sebagai kondisi sulit buang air besar atau tidak buang air besar sama sekali selama lebih dari tiga hari berturut-turut. Ketika Anda tidak dapat buang air besar, tinja akan menumpuk di usus besar Anda. Bagian bawah perut Anda dapat memanjang dan memiliki kembung yang terasa menyakitkan.

Sembelit dapat mempengaruhi seseorang pada usia berapa pun. Untuk menghindari sembelit, Anda harus minum banyak air dan banyak makanan kaya serat dalam diet Anda. Olahraga teratur juga dapat membantu pencernaan. Sembelit adalah kondisi umum yang mempengaruhi orang dari segala usia. Kondisi ini menunjukan bahwa Anda tidak buang air secara teratur atau Anda tidak dapat benar-benar mengosongkan usus Anda.

Previous post Mengatasi Sensasi Panas Dalam: Tips dan Solusi Sehari-hari
Next post Landasan Pacu Lebih Panjang, Potensi Pariwisata Labuan Bajo Terangkat