16 April 2024

Alumni UI Bangun Sekolah Tahan Gempa di Lombok

Ikatan Alumni Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (Iluni Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (Iluni FTUI) segera membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pembangunan sekolah yang juga bekerja sama dengan FTUI dan Fusi Foundation ini merupakan bentuk kepedulian kepada para korban gempa bumi di Lombok yang terjadi pada awal Agustus 2018.

Guncangan gempa itu antara lain menimbulkan kerusakan parah pada sekolah sehingga kegiatan belajar anak-anak terhenti.

“Setelah gempa itu kami meninjau ke Lombok. Banyak yang rusak parah, termasuk sekolah. Lalu kami putuskan untuk membuat sekolah,” kata Guru Besar Departemen Arsitektur UI Yandi Andri Yatmo dalam diskusi di Kampus UI Salemba, Jakarta, Rabu (17/10/2018).

 

Istimewa

Prinsip pembangunan sekolah ini adalah cepat, tidak melewati proses atau birokrasi yang lama, tetapi mengutamakan kualitas yang bagus. Sekolah dasar terdiri dari enam kelas yang bisa menampung 130 siswa, satu perpustakaan, satu ruang guru, laboratorium, dan ruang terbuka atau koridor.

Biaya yang diperlukan untuk konstruksi sekolah itu sekitar Rp 390 juta. Saat ini pembangunan SD masih berlangsung dan akan dilanjutkan bangunan TK yang targetnya selesai dalam bulan ini. Adapun dana konstruksi diperoleh dari sumbangan Iluni.

Selain itu, terdapat pula bantuan berupa material bangunan dan peralatan yang diperlukan untuk kegiatan sekolah.

“Rencana kami bangun lima sekolah, tapi kalau keinginan sebanyak-banyaknya. Nanti disesuaikan kebutuhan masyarakat setempat,” ujar Yandi.

 

Istimewa

Sistem yang diterapkan dalam pembangunan sekolah ini adalah plug and play. Bangunan sekolah yang digunakan bisa dibongkar pasang dengan mudah dan fleksibel. Namun, kualitas bangunan tetap bisa dijamin baik, tahan lama, dan tahan gempa.

Menurut rencana, Sekolah Indonesia akan selesai dalam satu bulan sejak dimulai pada awal Oktober lalu. Diharapkan kehadiran sekolah ini bisa memberikan kesempatan kepada anak-anak kembali bersekolah.

 

Previous post Baca Dulu Ulasannya, Baru Pesan Kamar Hotel
Next post BukaKamar Ramaikan Aplikasi Pemesanan Hotel