22 May 2022

Bandara YIA Layani Penerbangan Internasional

KEDAINEWS.COM – Setelah terhenti akibat pandemi Covid-19, Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo akhirnya kembali melayani penerbangan internasional.

Maskapai penerbangan Air Asia Malaysia mulai membuka rute Kuala Lumpur-YIA pulang pergi. Air Asia mendarat di YIA pukul 17.40 WIB. Tradisi Water Salut menyambut penerbangan perdana pesawat tersebut. 170 penumpang nampak satu persatu keluar dari pintu pesawat menuju ke ruang pengambilan bagasi dan pintu keluar bandara.

Penumpang penerbangan perdana ini juga mendapat keistimewaan. Mereka disambut dengan pengalungan bunga dan mendapat bingkisan ketika sampai di lorong menuju pintu keluar terminal kedatangan.

Direktur Utama Angkasa Pura 1 Faik Fahmi mengaku bahagia dengan operasional perdana penerbangan internasional di YIA. 2,5 tahun layanan penerbangan internasional dari DIY akibat pandemi Covid-19, dan penerbangan rute Kuala Lumpur-YIA pulang pergi ini menjadi penanda kebangkitan industri aviasi.

“Saya kira mengawali mulai hangkitnya angkutan udara terutama untuk internasional. Saya yakin rute internasional akan terus bertambah,” ucap Faik Fahmi, di Bandara YIA, Jumat (29/4/2022).

Faik Fahmi berharap ke depan makin banyak maskapai yang memanfaatkan penerbangan internasional di YIA sehingga nantinya akan membawa dampak positif bagi industri pariwisata di DIY.