28 March 2024

Daerah Mana Yang Siap Menerapkan New Normal?

KEDAINEWS.COM – Pemerintah menilai belum ada wilayah di Indonesia memenuhi Indikator Kesehatan Masyarakat yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam menentukan kesiapan daerah melaksanakan aktivitas sosial ekonomi.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan salah satu syarat suatu wilayah dinyatakan siap jika mengalami penurunan jumlah kasus positif setidaknya 50 persen selama dua minggu sejak puncak terakhir.

Sementara dalam data yang ia paparkan, Jawa Timur mengalami kenaikan 133 persen, Jawa Barat naik 110 persen, Jawa Tengah naik 15,5 persen, DKI Jakarta turun 17,6 persen, dan Yogyakarta turun 41 persen.

“Kalau dari sini, Jakarta kelihatan sudah mulai turun. Kalau yang ngotot mudik kembali lagi ke Jakarta dan bawa penyakit, bisa-bisa jadi second wave, Sementara Jatim sedang naik-naiknya,” kata Wiku dalam diskusi yang disiarkan langsung akun Youtube BNPB Indonesia, Selasa (26/5).

Wiku menjelaskan penurunan kasus harus di atas 50 persen untuk mencegah potensi kembali naik. Selain itu, suatu daerah juga perlu memenuhi dua indikator lainnya, yaitu surveillance dan pelayanan kesehatan.

Hingga Senin (25/5), Indonesia mencatat 22.750 kasus positif corona. Sebanyak 1.391 orang telah meninggal dunia, sedangkan 5.642 orang lainnya sembuh.

Previous post Ini Jam Operasional HondaCARE Selama PSBB
Next post Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Menyimpan Nomor