Jepang Luncurkan Uang Kertas Baru dengan Hologram Anti Pemalsuan

KEDAINEWS.COM – Pada Rabu (3/7), Jepang memulai sirkulasi uang kertas baru pertamanya dalam 20 tahun terakhir, menampilkan potret tiga dimensi tokoh-tokoh pendiri lembaga keuangan dan pendidikan wanita. Dilansir dari Reuters, uang kertas ini menggunakan teknologi cetak untuk menghasilkan hologram potret yang berubah arah tergantung pada sudut pandang, dianggap sebagai inovasi anti pemalsuan pertama di dunia oleh Biro Percetakan Nasional Jepang.

Uang kertas baru 10.000 yen memperlihatkan Eiichi Shibusawa (1840-1931), pendiri bank dan bursa saham pertama Jepang yang sering disebut sebagai “bapak kapitalisme Jepang”. Uang kertas 5.000 yen menampilkan wajah pendidik Umeko Tsuda (1864-1929), pendiri salah satu universitas wanita pertama di Jepang. Sedangkan uang kertas 1.000 yen menggambarkan Shibasaburo Kitasato (1853-1931), seorang ilmuwan medis perintis.

Otoritas mata uang Jepang berencana untuk mencetak sekitar 7,5 miliar lembar uang kertas baru dengan desain ini hingga akhir tahun fiskal saat ini, dengan rencana tambahan 18,5 miliar lembar senilai 125 triliun yen yang akan beredar hingga Desember 2024. Gubernur Bank Jepang, Kazuo Ueda, menegaskan bahwa “uang tunai tetap merupakan alat pembayaran yang aman dan dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, dan akan terus memainkan peran penting meskipun ada metode pembayaran alternatif”.

Meskipun bank sentral telah menguji mata uang digital, pemerintah Jepang belum membuat keputusan apakah akan menerbitkan yen digital!

Previous post Chery Tiggo 9 dan Debut Seri Jaecoo Menyemarakkan GIIAS 2024
Next post “Green Kalcer”, Upaya Astra Motor Sumsel Bersama Jurnalis Tingkatkan Kesadaran Mengelola Limbah