kedaiBISNIS

Ubah Cara Pandang Pentingnya Pengelolaan Keuangan ditengah Pandemi COVID-19

KEDAINEWS.COM – Kondisi penuh tantangan selama pandemi COVID-19 membuka mata banyak orang  tentang  pentingnya  literasi  keuangan  dan  pengelolaan  keuangan.  

“Pandemi COVID-19 ini tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan, tetapi juga meningkatkan ekspektasi masyarakat tentang produk dan layanan yang dapat dihadirkan oleh institusi keuangan, baik di tingkat individu sampai dengan pelaku usaha,” kata Direktur Inovasi dan Strategi Bank OCBC NISP Ka Jit di Jakarta (9/3).

Oleh karena itu, tambah Dia, Bank OCBC NISP menegaskan kembali komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui produk, layanan dan program inovatif.

“Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan tanggung jawab kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial,” ujarnya.

Solusi Investasi dan Tabungan Berjangka pada Kondisi Pandemi

Selain soal literasi, akses terhadap layanan keuangan perbankan merupakan pelajaran penting dari pandemi COVID-19.

Pembatasan mobilitas tentu membutuhkan solusi perbankan digital yang tidak hanya aman dan dapat diandalkan, tapi juga nyaman.

Bank OCBC NISP mengembangkan produk yang memudahkan masyarakat melakukan persiapan dana darurat dan investasi melalui solusi produk #SAVE20 dengan nominal yang terjangkau mulai dari Rp 20.000 kapan saja, dimana saja melalui aplikasi mobile banking Bank OCBC NISP yakni ONe Mobile.

Nasabah dapat mengembangkan dana tersebut dalam bentuk tabungan berjangka maupun reksa dana.

Berdasarkan data produk manajemen keuangan di Bank OCBC NISP, jika nasabah mulai menabung dan berinvestasi dengan nilai Rp20.000 secara konsisten setiap hari dimulai dari umur 20 tahun, maka nasabah tersebut dapat memperoleh Rp 3,7 Miliar di usia pensiunnya.

Solusi Keuangan untuk Pelaku Usaha UMKM Perempuan

Selain untuk individu, Bank OCBC NISP juga menyediakan produk dan layanan untuk para pelaku usaha, baik berupa program edukasi melalui WTalks serta produk dan layanan untuk usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dukungan Bank OCBC NISP pada perempuan wirausaha ini diperkuat dengan program #TAYTB Women Warriors (www.taytb.com/womenwarriors)  yang menyediakan solusi yang lebih dari sekedar pembiayaan atau modal usaha, yakni mencakup:

1. Layanan perbankan yang memungkinkan pengusaha perempuan untuk mengatur keuangan baik pribadi dan bisnis dengan mudah, aman, kapan saja dan di mana saja.

2. Solusi   keuangan   dan   non   keuangan   (beyond   banking)   untuk   mendukung   bisnis   yang memungkinkan pengusaha perempuan mengembangkan dana pribadi maupun bisnisnya

3. Dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan membangun komunitas usaha, penyediaan program edukasi

“Menyambut usia kami yang ke-80 tahun di tahun 2021 ini, kami ingin menjadi teman seperjalanan bagi para generasi muda dan pelaku usaha dalam memulai kebiasaan baru yakni mengelola keuangan dengan produk-produk investasi mulai dari yang risiko rendah sampai yang memiliki risiko tinggi seperti saham,” jelas Ka Jit.

Ia menambahkan, komitmen ini diwujudkan dengan konsistensi Bank OCBC NISP dalam menyelenggarakan program literasi dan inklusi keuangan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kami sudah mempersiapkan berbagai program edukasi dan meningkatkan akses terhadap produk dan layanan perbankan yang pruden didukung dengan digitalisasi untuk memberdayakan masyarakat dalam menjaga kesehatan keuangannya,” tutup Ka Jit.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA