21 September 2021

5 Kuliner Masakan Terkenal Dari Negara Timor Leste

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Makanan khas Timor Leste dikenal unik dengan sentuhan rasa Asia Tenggara, Eropa hingga Arab. Selain beras, masyarakat Timor Leste juga membudidayakan makanan pokok dari jagung, ubi jalar, ubi kayu, dan talas.

Nah, beberapa kuliner unik berikut ini wajib Anda cicipi bila berkunjung ke Timor Leste. Selain unik, rasanya dijamin lezat dan bikin ketagihan.

 

Carne Asada

Artikel masakan khas Timor Leste yang pertama merupakan sajian menu yang berasal dari daging kerbau. Teknik memasak yang digunakan ialah teknik memanggang. Daging kerbau dipanggang kemudian disajikan bersama saus kental beserta merica.

Kuliner berikut diolah dengan air asam dan gula merah, sehingga rasanya cenderung asam manis dan memiliki sensasi segar. Inilah yang membuat cita rasa masakan carne assada unik. Selain itu, biasanya hidangan ini dikonsumsi dengan saus dari belimbing sayur, garam serta cabai. Memang kuliner berikut memiliki kandungan lemak, namun juga bergizi.

 

Koto

Masakan Koto ini adalah masakan khas Timor Leste, yang biasanya terkenal dengan nama Kacang Merah. yaitu kacang yang di rebus sampai matang.

Masakan ini,dikalangan orang-orang Timor sendiri sudahlah sangat terkenal, hampir kalangan masyarakat Timor sendiri bisa memasaknya. Karena selain enak dan bergizi, masakan koto ini juga bisa membuat kantong tebal alias irit dan yummy rasanya.
Cara memasakanya pun sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu, hanya memerlukan bahan-bahan dasar yang sangat mudah di cari dimanapun seperti : supermarket dan pasar.

Biasanya masakan Koto ini di gadoin atau di campurin dengan wortel, kol dan kentang. selain itu juga segala macam daging bisa dicampurin didalamnya.

 

Caldeirada

Berikut merupakan masakan asal Timor Leste yang tak boleh terlewatkan untuk diuraikan di artikel makanan ala perutgendut.com. Sebab makanan ini biasa disajikan saat ada pesta. Jika Anda mencoba masakan yang satu ini pasti tidak akan dapat melupakan sensasi rasanya.

Caldeirada merupakan stew yang dibuat dari daging sapi atau kambing dengan bumbu tomat, cabai merah besar, garam, merica, cuka serta bir yang biasanya dilengkapi dengan kentang serta wortel.

 

Selada

Masakan ini berasal dari robekan daun selada bokor, tomat iris, lis arabie (bawang bombay) yang diiris, irisan bawang merah dan agriaun (selada air/watercress) yang dibaluri oleh vinnaigrette segar yang terbuat dari olive oil, merica serta derok masin (jeruk nipis).

Tak hanya itu, kuliner ini juga dilengkapi dengan tumis daun serta bunga pepaya yang biasanya terdapat pada pepaya muda.

 

Kopi Timor

Timor Leste, selain mempunyai masakan khas, Ada Juga Kopi sebagai Minuman Khas Timor Leste.

Walaupun tumbuhan Kopi awalnya tidak berasal dari Timor Leste namun Masyarakat Timor Leste, khususnya Masyarakat Ermera (Salah satu Kabupaten di Timor Leste) telah menjadikan kopi sebagai minuman penjamu dan minuman untuk sarapan atau sekedar untuk menemani ngemil di sore hari.

Yuk Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post 7 Tanda Kamu Butuh Piknik!
Next post Lezatnya kuliner “Milenial” Palembang di Anak Bawang Rajawali