21 September 2021

Elon Musk Ciptakan Robot, Apa Dampaknya?

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Tesla merupakan perusahaan milik Elon Musk di bidang mobil listrik dan roket, kini Elon Musk  merambah ke bidang robotika.

Hal ini ia umumkan melalui presentasi pada Kamis (19/8/2021) lalu. Pada presentasi tersebut, Elon Musk memperkenalkan proyek robot yang akan dinamakan Tesla Bot dengan kode “Optimus”. Robot tersebut dirancang untuk melakukan tugas berbahaya, repetitif dan atau membosankan.

Optimus diproyeksinya berupa robot manusia setinggi lima kaki (1,5 meter) dengan bobot 125 pon (57 kilogram), dan akan memiliki layar sebagai wajahnya.

Musk sebenarnya telah berulang kali berbicara ketakutan mengenai dampak buruk dari kecerdasan buatan atau AI. Tapi kini dia berjanji membawa teknologi Tesla Bot yang ramah.

“Saya pikir pada dasarnya di masa depan, pekerjaan fisik akan menjadi pilihan, jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa,” kata Musk yang juga CEO SpaceX ini.

Dalam hal diatas tentu ada sisi positif dan negatif yang akan berdampak pada manusia, apa saja?

Sisi positifnya, dalam sisi pekerjaan seperti Industri tak perlu mengeluarkan uang gaji atau tunjangan lainnya, tak perlu ada hari libur wajib, dan mampu bekerja secara penuh selama berhari hari ataupun berbulan bulan .

Sisi negatifnya, tentu lapangan pekerjaan akan semakin sedikit jika tidak memiliki skill yang dibutuhkan saat ini yang mengakibatkan tingkat pengangguran akan semakin meningkat.

Muhammad Ridho Maulana ( Samarinda, Kalimantan Timur )

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Sinergi KBI – APRINDO, Proyeksikan Resi Gudang Makin Tumbuh
Next post Meski Kecil Tapi Nyamuk Bisa Timbulkan Penyakit Hingga Mematikan Manusia