KEDAINEWS.COM/JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan sebanyak 68 ekor sapi kurban ke seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Berat sapi yang akan disalurkan bervariasi antara 800 kilogram hingga 1 ton.

“Setiap provinsi akan menerima satu ekor sapi, termasuk IKN dan lokasi tempat presiden akan melaksanakan salat Iduladha, yang saat ini masih dibahas,” ungkap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/6/2024).

Selain itu, sapi kurban juga akan diberikan kepada pondok pesantren yang berada di sekitar IKN. “Lebih dari 36 ekor sapi diharapkan adalah sapi mongol dengan berat yang bervariasi mulai dari 800 kilogram hingga 1 ton,” tambahnya.

Heru Budi memastikan bahwa sapi-sapi yang disalurkan Presiden Jokowi telah melalui serangkaian uji kesehatan. Untuk itu, pemerintah bekerja sama dengan dinas pertanian dan peternakan daerah, serta Kementerian Agama, guna memastikan sapi bebas dari penyakit. “Kami pastikan semua sapi telah melewati proses pemeriksaan kesehatan, sehingga terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Untuk Jakarta, sapi akan diserahkan ke Masjid Istiqlal. Sedangkan untuk IKN, sapi akan disalurkan melalui Otorita IKN ke Masjid Darussalam!

Previous post ICDX dan Shanghai Metal Market gelar Asean Tin Industry Conference 2024
Next post Judi Online Merajalela, Perceraian di Indonesia Melonjak 142% dalam 3 Tahun Terakhir