kedaiSTYLE

Lakukan ini Untuk Menjaga Mood Menulis!

KEDAINEWS.COM – Sebagian penulis menganggap bahwa mood menulis hanya mitos. Itu hanya alasan klasik dari para pemalas untuk melarikan diri dari menulis. 

Kedainews memiliki beberapa cara untuk menjaga mood tetap bagus sehingga mampu menjadi penulis produktif.

Jika Anda juga merasa mood merupakan sesuatu yang berpengaruh langsung terhadap kualitas karya-karya Anda, maka berikut adalah tips-tips yang bisa Anda coba untuk menjaga mood menulis selalu bagus :

 1. Rapikan Tempat Menulis

Tempat menulis yang berantakan bisa membuat mood menjadi buruk. Akibatnya, otak kesulitan menyusun kata-kata terbaik seperti seharusnya. Dan itu pasti mimpi buruk bagi para penulis. Tidak bisa menyusun kata, tidak akan ada karya. Atau mampu menghasilkan sesuatu, tapi pasti tidak Anda sukai.

Maka sangat disarankan untuk menjaga ruangan atau tempat menulis tetap bersih dan rapi. Agar mood Anda akan terjaga sampai tulisan benar-benar selesai dan siap dipublikasikan.

2. Minum Kopi

Setiap malam saya selalu meluangkan waktu untuk minum kopi sebelum benar-benar berhadapan dengan halaman-halaman putih kosong. Hal tersebut membuat perasaan saya tenang dan rileks.

Dan hasilnya, ketika waktu menulis tiba, mental saya telah 100% siap bergelut dengan aksara.

Mungkin tidak semuanya selalu berakhir dengan indah, namun saya masih puas dengan hasilnya selama ini dan rutinitas tersebut merupakan salah satu cara terbaik saya dalam menjaga mood menulis.

3. Tulis Sesuatu yang Sudah Anda Pahami

Sebagian bloger mungkin terobsesi untuk menulis topik-topik hebat. Agar tidak dipandang sebelah mata oleh audiensnya.Terkadang, mereka berkorban terlalu jauh dengan menulis sesuatu yang tidak mereka pahami.

Terlepas dari hasilnya, hal yang demikian justru membuat kegiatan menulis tidak lagi menyenangkan. Lakukan secara rutin dan Anda akan lebih sering mengalami mood buruk.

Jadi, belajarlah menulis sesuatu yang sudah Anda pahami dengan baik agar tidak sering merasa terbebani dalam menulis sehingga mood Anda tetap terjaga.

4. Paksa Diri Menulis

Jack Smith, penulis buku Write and Revise for Publication, memiliki saran ketika Anda sedang tidak mood untuk menulis :

“Duduk dan paksa diri Anda menulis 100 kata. Itu saja. Mungkin yang terjadi selanjutnya adalah Anda akan mendapatkan mood menulis dan menulis sedikit lagi.”

5. Persiapkan Semua Materi Tulisan

Serangan mood jelek biasanya sering terjadi bagi penulis yang kurang persiapan. Ketika sudah saatnya menulis dan belum memiliki “senjata” yang dibutuhkan, mood menulis akan menguap begitu saja.

Sedangkan jika penulis telah menyiapkan segala yang dibutuhkan, meskipun awalnya tidak benar-benar memiliki mood menulis yang bagus, pasti akan ada dorongan untuk tetap meletakkan pantat dan mulai merangkai kata.

6. Baca Tulisan Berkelas

Mungkin sedikit gila, tapi membaca karya yang bagus membuat mood menulis timbul begitu saja dan membuat saya terdorong untuk menghasilkan sesuatu yang bagus pula. Bahkan jika bisa sama bagusnya dengan penulis dan bloger terkenal lainnya.

7. Menulis di Malam Hari

Salah satu kelebihan menulis di malam hari adalah Anda sudah tidak punya kegiatan apapun untuk dikerjakan sebagaimana ketika siang sehingga Anda benar-benar fokus dan mendapatkan mood yang baik.

Bangun kebiasaan menulis di jam malam, atur jadwal menulis, dan patuhi jadwal yang telah Anda tetapkan. Namun jika Anda punya kelebihan skill mengatur waktu yang baik, mungkin menulis di pagi hari atau siang hari bisa bekerja dengan baik bagi Anda.

8. Singkirkan Semua Gangguan

Jauhkan smartphone, log off dari sosial media, matikan televisi, atau potensi gangguan lainnya. Karena mungkin Anda sudah memiliki mood menulis yang bagus, namun Anda menjadi malas karena teralihkan oleh kegiatan lainnya yang lebih menarik bagi Anda.

Jika dibutuhkan, Anda bisa mengunci kamar dan meletakkan tulisan “Jangan Diganggu” di depan pintu agar tidak ada yang menganggu Anda ketika sedang asyik menulis.

9.Jangan Lupa Membaca Quote

Tidak ada yang memahami penulis dengan lebih bijaksana dibanding dengan para penulis lainnya. Oleh karena itu, saat Anda sedang down atau tidak mood, Anda bisa mencari quote-quoteinspirasional dari penulis lainnya yang bisa dengan mudah ditemukkan di internet.

Mungkin Anda akan menemukan kata-kata terbaik dari sesama penulis yang telah berpengalaman sehingga Anda mendapatkan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk motivasi, menyelesaikan hambatan-hambatan yang muncul, atau nasihat untuk menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA