kedaiHEALTH

Tips Bijak Membeli Obat dan Vitamin Saat Pandemi

KEDAINEWS.COM – Obat dan vitamin menjadi dua hal penting yang hampir selalu dimiliki setiap keluarga di tengah pandemi Covid-19. Keduanya dinilai mampu menjaga kesehatan anggota keluarga.

Di tengah pandemi, banyak orang mencari obat dan vitamin secara daring. Namun, tak semua obat dan vitamin yang beredar aman untuk dikonsumsi. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai obat ilegal yang dijual secara daring.

Dalam buku panduan Serba Covid-19 yang dikeluarkan BPOM, disebutkan bahwa identitas penjual obat dan vitamin secara daring tak diketahui dengan pasti. Dengan begitu, tak ada pula jaminan keamanan dan mutu obat.

Untuk menjamin keamanan, berikut tips mendapatkan obat yang aman mengutip buku panduan Serba Covid-19 BPOM.

1. Beli Secara Resmi

Alih-alih mencari vitamin di toko daring, Anda disarankan untuk membeli obat di sarana pelayanan kesehatan yang resmi. Anda juga bisa mendapatkan obat di tempat kefarmasian atau apotek resmi.

2. Gunakan Resep Dokter

Jangan sembarang menggunakan obat. Diperlukan resep dokter untuk mendapatkan beberapa obat keras.

Mengutip situs resmi BPOM, obat keras adalah obat yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Obat dicirikan dengan tanda lingkaran bulat berwarna merah dengan garis tepi berwarna hitam serta huruf K yang berada di tengahnya.

3. Hati-hati Obat Daring

Di abad digital seperti sekarang, apa pun bisa didapat secara daring. Namun, Anda perlu berhati-hati akan penawaran obat secara daring dari sumber yang tidak diketahui secara pasti. BPOM mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai obat ilegal yang dijual secara daring.

4. Beli Secukupnya

Pandemi tak serta merta membuat Anda harus menyimpan stok obat dan vitamin sebanyak mungkin. Beli obat dan vitamin secukupnya.

5. Cek KLIK

Setiap obat dan vitamin akan beredar atas izin BPOM. Lakukan sejumlah langkah pengecekan sebelum membeli dan mengonsumsi obat dan vitamin dengan KLIK (kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa).

Yuk Bagikan Artikel Ini :

BACA ARTIKEL LAINNYA