21 September 2021

5 Cara Merawat Pohon Mangga Agar Berbuah Produktif

Yuk Bagikan Artikel Ini

KEDAINEWS.COM – Memiliki pohon mangga di sekitar rumah tentu menyenangkan apalagi buahnya bisa langsung di konsumsi dan memberikan sumber vitamin C pada tubuh. Namun ada 5 hal yang perlu kamu lakukan agar pohon mangga kamu produktif dan berbuah lebat. Simak tips dari kami.

1. Tanam dua pohon mangga

Pohon mangga merupakan tanaman yang melakukan proses penyerbukan siang, sehingga dengan adanya dua pohon, maka bunganya tidak mudah rontok. Pohon dengan bunga yang banyak dan sehat akan menghasilkan buah yang banyak juga.

2. Atur jarak pohon dengan rumah

Menanam dua pohon mangga di lingkungan yang sama memang hal yang bagus, tetapi kamu juga tetap harus mengatur jarak pohon mangga dengan rumahmu. Kamu harus memperhatikan jarak ini agar tetap dapat memberikan keseimbangan terhadap zat, unsur hara dan juga air terhadap pohon.

Jika jarak berdekatan, pohon tersebut akan sulit tumbuh dan bahkan tidak dapat berbuah. Selain itu, dengan mengatur jarak antara rumah dengan pohon, kamu kondisi kabel rumah yang berada di bawah tanah juga tidak terganggu.

3. Lakukan pemangkasan

Pemangkasan pohon tentunya penting dilakukan karena akan meningkatkan produktivitasnya. Hal tersebut juga akan memunculkan tunas vegetatif dan generatif sehingga percabangan pohon akan semakin luas dan memunculkan lebih banyak buah.

Selain itu, pemangkasan juga ternyata dapat membantu menghindari hama penyakit dari pohon, mengurangi kelembapan, dan juga mempercepat tanaman berbuah. Kamu dapat memangkas dahannya menggunakan gunting dahan.

4. Berikan luka pada batang

Tahukah kamu ternyata dengan memberi luka pada batang pohon mangga ternyata dapat meningkatkan produktivitasnya ? Kamu dapat membantu pohonmu berbuah banyak dengan cara ini agar nutrisi pohon tidak tersalurkan ke akar dan hanya fokus ke batang saja. Jadi, nutrisi yang bertumpuk di batang akan berubah menjadi cadangan makanan berupa buah.

Kamu dapat memberi luka pada bagian leher dan pangkal batang hingga terlihat jaringan kayunya. Cara yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah penyayatan, pengerokan, pencacahan, dan lain-lain.

5. Cegah hama pada pohon

Kamu juga harus memperhatikan pohon mangga-mu agar tidak diserang hama. Salah satu hama yang sering mengganggu pertumbuhan pohon adalah wereng yang menjadi penyebab utama bunga menjadi rontok. Periksalah ujung bunga untuk melihat apakah ada hama ini.

Selain itu, lalat buah juga merupakan hama yang sangat mengganggu buah. Hama ini dapat menghisap sari makanan dan meninggalkan jamur yang akan membuat buah cepat busuk dan rontok. Kamu dapat menjebak lalat ini dengan menggunakan batang pisang berlumur oli.

Yuk Bagikan Artikel Ini
Previous post Kenapa Knalpot Motor di Sebelah Kanan? Ternyata Ini Penyebabnya
Next post Alasan Lampu LED Laris Manis? Ternyata Ini Penyebabnya!